Layanan Tanpa Batas, Bea Cukai Ambon Membantu Ekspor Perdana Kalrez Petroleum Ltd

Layanan Tanpa Batas, Bea Cukai Ambon Membantu Ekspor Perdana Kalrez Petroleum Ltd
Layanan Tanpa Batas, Bea Cukai Ambon Membantu Ekspor Perdana Kalrez Petroleum Ltd

jpnn.com, AMBON - Bea Cukai Ambon membantu PT Kalrez Petroleum (Seram) Ltd, perusahaan bidang minyak bumi yang berlokasi di Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, mengekspor Bula crude petroleum oil (CPO) pada 13 Juli 2021 lalu. 

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon Saut Mulia mengatakan untuk mengoptimalkan pelayanan, pihaknya membentuk dua tim yang membantu Kalrez melaksanakan ekspor perdana. 

Tim pertama pada 9 Juli bertugas melakukan pengawasan, pemeriksaan sarana pengangkut dan pemuatan barang curah CPO ke kapal, yang ternyata kapal mengalami keterlambatan karena suatu hal sehingga harus singgah terlebih dahulu ke Bau-Bau. 

“Lalu, tim kedua bertugas saat mendekati waktu pelaksanaan ekspor dengan memastikan kelancaran proses submit dokumen ekspor (pemberitahuan ekspor barang/PEB),” jelasnya, Jumat (16/7).

Ekspor perdana tersebut memberangkatkan 47.257 barel CPO ke China dengan kapal MT New Integrity. 

Kalrez pun menyumbang devisa USD 1.864.350 kepada negara. 

Field Operation Superintendent Kalrez di Bula, Seram Bagian Timur, Eddy Mudjiono menyampaikan untuk produksi sekitar 47 ribu barel diperlukan sekitar enam bulan produksi. 

Sesuai rencana, di akhir Desember 2021 akan ada ekspor selanjutnya. 

Bea Cukai Ambon membantu PT Kalrez Petroleum (Seram) Ltd, perusahaan bidang minyak bumi yang berlokasi di Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, mengekspor bula crude petroleum oil (CPO) pada 13 Juli 2021 lalu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News