Layanan Urus Izin Usaha, Yogya Terbaik, Manado Terburuk

Layanan Urus Izin Usaha, Yogya Terbaik, Manado Terburuk
Layanan Urus Izin Usaha, Yogya Terbaik, Manado Terburuk
JAKARTA - Kota Yogyakarta menempati posisi terbaik dalam hal layanan pengurusan izin mendirikan usaha. Di Kota pelajar itu, jumlah prosedur untuk mengurus izin-izin mendirikan usaha, cukup ringkas, yakni hanya 7 prosedur.

Hanya saja, ringkasnya prosedur tidak lantas terbaik layanan pengurusan izin. Buktinya, Kota Medan yang jumlah prosedur pengurusan izin juga ada 7 prosedur, namun secara umum layanan pengurusan izin mendirikan usaha menempati rangking 19, dari 20 kota yang disurvei Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) bekerja sama dengan Doing Bussiness Subnational

Meski ditetapkan tujuh prosedur, di Kota Medan proses pengurusan izin masih berbelit-belit, dan waktu yang dibutuhkan tidak jelas berapa lama.

"Untuk jumlah prosedur, Kota Medan hanya tujuh prosedur. Tapi itu hanya aspek prosedur saja. Tapi untuk kemudahan berusaha, masih jeblok, peringkat 19 dari 20 kota yang disurvei," ujar Manajer Hubungan Eksternal KPPOD Robert Endi Jaweng saat memaparkan hasil penelitiannya di Jakarta, Senin (11/6).

JAKARTA - Kota Yogyakarta menempati posisi terbaik dalam hal layanan pengurusan izin mendirikan usaha. Di Kota pelajar itu, jumlah prosedur untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News