Layanan Vaksinasi Moderna & Pfizer Sudah Tersedia di Seluruh Faskes DKI Jakarta

Layanan Vaksinasi Moderna & Pfizer Sudah Tersedia di Seluruh Faskes DKI Jakarta
Persiapan untuk menjalani vaksin Moderna. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Layanan vaksinasi Covid-19 jenis moderna dan pfizer telah tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) dan sentra vaksin di DKI Jakarta mulai hari ini (16/9).

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan bahwa kini seluruh jenis vaksin, seperti, Sinovac, Astra Zenecca, Moderna, dan Pfizer sudah tersedia seluruh di faskes dan sentra vaksin di ibu kota.

"Mulai hari ini, layanan vaksinasi jenis Moderna dan Pfizer tersedia di seluruh faskes dan sentra vaksin di Jakarta. Untuk jenis Moderna, bisa disuntikkan bagi WNI KTP seluruh Indonesia," kata Widyastuti dalam keterangan tertulis.

"Sedangkan untuk jenis Pfizer, hanya RS Vertikal (RS milik Kementerian Kesehatan) dan faskes di bawah naungan Kementerian Kesehatan, serta faskes TNI/Polri yang bisa menyuntikkan untuk WNI KTP seluruh Indonesia. Faskes di luar itu, hanya bisa menyuntikkan Pfizer bagi WNI ber-KTP DKI Jakarta dan domisili di Jakarta," sambung Widyastuti.

Dia menambahkan bahwa vaksin Moderna dan Pfizer diberikan pada sasaran dosis satu.

Selanjutnya, Vaksin Pfizer diberikan untuk warga usia 12 tahun ke atas dan ibu hamil. Sementara itu, untuk vaksin Moderna sasaran usia 18 tahun ke atas dan ibu hamil.

"Orang dengan immunocompromised, seperti penyakit komorbid berat, penyakit autoimun, pasien dalam terapi imunosupresan harus sesuai dengan rekomendasi dokter. Puskesmas akan melakukan koordinasi dengan RSUD apabila dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut pada calon peserta vaksin sesuai dengan indikasi medis," ujar Widyastuti.

Guna mempercepat program vaksinasi, kini Puskesmas dan RSUD di ibu kota telah membuka pelayanan vaksinasi pada hari libur, Sabtu, dan Minggu dengan pilihan jam yang bervariasi, termasuk di sore dan malam hari. (mcr1/jpnn)

Layanan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna dan Pfizer telah tersedia di seluruh faskes dan sentra vaksin di DKI Jakarta mulai hari ini (16/9).


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News