Layani Angkutan Mudik Lebaran, Damri Menyiapkan 2.000 Bus

Layani Angkutan Mudik Lebaran, Damri Menyiapkan 2.000 Bus
Seorang pegawai Perum Damri berdiri melihat kondisi depan bus Damri untuk melayani angkutan mudik Idulfitri 2024. ANTARA/HO-Humas Damri

jpnn.com - JAKARTA -  Corporate Secretary Perusahaan Umum (Perum) Damri Chrystian R. M. Pohan mengatakan bahwa Damri menyiapkan 2.000 unit bus untuk melayani masyarakat selama masa  arus mudik maupun balik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia.

“Total armada yang disiapkan untuk angkutan Lebaran di tahun ini kurang lebih 2.000 unit untuk seluruh Indonesia. Itu termasuk untuk cadangan juga, karena kita ada 44 cabang di seluruh Indonesia,” kata Pohan dalam keterangan di Jakarta, Jumat (29/3).

Menurut Pohan, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masa angkutan Lebaran 2024, Damri juga telah melaksanakan uji kelaikan operasi (ramp check) sejak 13-28 Maret 2024 untuk seluruh unit armada.

Dia mengatakan ramp check itu dilakukan untuk memastikan kinerja dan kualitas layanan transportasi Damri memenuhi harapan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik.

Menurut dia, semua aspek mulai dari quality control (QC) dan quality assurance (QA) dipastikan dalam kondisi prima.

“Untuk ramp check kita sebenarnya enggak dari internal, tetapi dari Kementerian Perhubungan baik dari pusat maupun dari daerah (dinas perhubungan), kita juga minta mereka melakukan pengecekan,” ucap Pohan.

Dia menyampaikan bawa Damri akan membuka Posko Layanan Pengaduan, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dapat segera diatasi dengan cepat, salah satunya bila ada kemogokan mobil.

“Kami akan buka Posko Mudik sejak 31 Maret. Jadi, mulai aktif dari 1 April sampai H+10 Lebaran. Selama posko kita pastinya akan ada layanan call center 24 jam. Semuanya kita siapkan benar benar,” kata Pohan.

Damri menyiapkan 2.000 unit bus untuk melayani angkutan mudik Lebaran 2024, untuk seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News