LCC 4 Pilar, Lebih dari Sekadar Kejar Kemenangan

LCC 4 Pilar, Lebih dari Sekadar Kejar Kemenangan
Sekjen MPR Maruf Cahyono didampingi Wasekjen MPR Selfi Zaini membuka LCC 4 Pilar di gedung MPR, Rabu (9/8) malam. Foto: Boy Muhamad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR RI 2017 resmi dibuka di gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8) malam.

LCC yang diikuti 350 peserta dari kalangan pelajar sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dari 34 provinsi di Indonesia itu dibuka secara resmi oleh Sekjen MPR Maruf Cahyono. Hadir pula Wakil Sekjen MPR Selfi Zaini dan jajaran kepemimpinan Setjen MPR.

Para pelajar ini merupakan juara di masing-masing provinsi yang kini berlaga di tingkat nasional. Selain 350 siswa, ada pula 68 pendamping dari dinas pendidikan provinsi. Serta guru di sekolah peserta dari setiap provinsi.

Satu per satu tim peserta yang mewakili daerah masing-masing diabsen. Mereka berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Mulai dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Anak-anak terlihat bersemangat meskipun sudah malam. Para peserta ini siap unjuk kebolehan dalam LCC. Mereka nantinya akan disuguhkan pertanyaan soal empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Mereka akan saling berhadapan untuk adu pengetahuan. Salah satu dari mereka akan menjadi pemenang. Maruf mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama provinsi yang telah melancarkan seluruh LCC mulai tingkat provinsi.

Dia berharap, para pelajar memanfaatkan betul momen ini untuk belajar. "Ini adalah momentum langka. Saya harapkan manfaatkan waktu yang cukup," kata Maruf.

Para peserta yang akan berada di Jakarta selama sepuluh hari ini diharapkan tidak hanya datang untuk sekadar berlomba. Namun, Maruf mengatakan, banyak pembelajaran lain yang bisa diperoleh di MPR.

Final Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR RI 2017 resmi dibuka di gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News