Lebaran Bakal Diguyur Hujan Lebat

Lebaran Bakal Diguyur Hujan Lebat
Lebaran Bakal Diguyur Hujan Lebat
JAKARTA – Bila di kawasan Jawa cuaca belakangan ini cukup panas, tidak demikian halnya dengan sejumlah daerah di luar Jawa. Para pemudik di sejumlah daerah harus mewaspadai cuaca yang kurang mendukung perjalanan ke kampung halaman. Terlebih, para pemakai kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati agar bisa selamat sampai tujuan.

Dalam keterangan resminya yang dilansir di situs resmi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika, hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di sejumlah daerah, bahkan hingga lebaran hari kedua, 21 September 2009.

Keterangan yang disampaikan Sub Bidang Cuaca Ekstrim Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, dari 17 September hingga 21 September terdapat beberapa aktifitas di atmosfer seperti adanya daerah pusaran angin tertutup dan Dipole Mode di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Selain itu, aktifitas MJO di wilayah Indonesia bagian barat serta Topan CHOI-WAN di Samudera Pasifik sebelah Timur Philipina. “Hal tersebut  memberi dampak bagi terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia, terutama di Indonesia bagian Barat dan Timur,” demikian isi peringatan dini itu.

JAKARTA – Bila di kawasan Jawa cuaca belakangan ini cukup panas, tidak demikian halnya dengan sejumlah daerah di luar Jawa. Para pemudik di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News