Lebaran Dongkrak Laba Esia

Lebaran Dongkrak Laba Esia
Lebaran Dongkrak Laba Esia
JAKARTA - Musim lebaran Idul Fitri 1431 hijriyah ini tidak hanya dimanfaatkan oleh moda transportasi untuk meraup keuntungan. Sejumlah provider telepon seluler seperti Esia dan Axis juga memetik keuntungan berlipat.

Bakrie Telecom selaku pemilik Esia, sukses meningkatkan trafik percakapan telepon, sms, dan data, selama Ramadan dan Idul Fitri. Mereka mendapatkan pertumbuhan ganda pada layanan VAS (value added services). Lonjakan trafik terutama terjadi pada pengiriman SMS yang mengalami peningkatan sebesar 46%.

Sementara, percakapan telepon justru memperlihatkan penurunan trafik di Jakarta. Namun sebaliknya, trafik pembicaraan meningkat di beberapa kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk, Muhammad Buldansyah, menjelaskan, keberhasilan perusahaannya menyalurkan trafik disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, Bakrie Telecom telah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat. Kedua, lonjakan trafik yang terjadi menunjukkan gambaran yang hampir sama dengan yang terjadi tahun lalu.

“Tentu bervariasi tipe kotanya. Ada yang hanya kami tingkatkan 20% dari kapasitas normal di hari biasa, tapi ada juga yang kami tingkatkan hingga 100% seperti kota-kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Buldansyah atau lebih akrab disapa dengan nama Danny, di Jakarta, Rabu (15/9).

JAKARTA - Musim lebaran Idul Fitri 1431 hijriyah ini tidak hanya dimanfaatkan oleh moda transportasi untuk meraup keuntungan. Sejumlah provider telepon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News