Nokia Gerojok Pasar Smartphone

Nokia Gerojok Pasar Smartphone
Nokia Gerojok Pasar Smartphone
LONDON - Nokia tidak ingin menjadi sebagai pengekor di kelas smartphone. Karena itu, produsen ponsel asal Finlandia itu bakal menggerojok pasar telepon seluler pintar itu dengan beberapa tipe sekaligus. Ajang Nokia World 2010 yang mulai berlangsung kemarin (14/9) di London, Inggris, merupakan awal perkenalan keluarga baru smartphone Nokia.

Ponsel pintar itu adalah E7, C7, C6 dan, N8 yang menggunakan sistem operasi Symbian. "Hari ini menjadi awal Nokia bertarung untuk menjadi market leader smartphone," kata Niklas Savander, Executice Vice President Market Nokia, kemarin. Menurut Savander, Symbian merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan Nokia karena kemudahan dan kecepatannya.

Dia menjelaskan, produk terbaru Nokia, N8, merupakan high-ends ponsel pintar yang menggunakan Symbian3. Sedangkan Nokia E7 merupakan pengembangan dari Nokia Communicator 9000 yang pertama kali dikeluarkan 1996. Sementara itu, C7 dan C6 merupakan ponsel yang menekankan fitur-fitur social networking. "Terdapat lebih 250 fitur pada Symbian dan telah digunakan lebih dari 50 juta smartphone di seluruh dunia," terangnya.

Nokia N8 (yang dikenalkan pada April dan mulai dijual akhir bulan ini) diklaim mengalahkan para pesaingnya dengan kamera 12 mega pixel. Tetapi, kelema­han­nya memiliki prosesor lebih lambat dibanding model teratas Samsung, Galaxy S, dan iPhone 4G. "Ketika N8 mulai di­pa­sarkan, maka perangkat lain akan dil­uncurkan. Nokia berharap dapat me­letakkan batu fondasi untuk pemulihannya dari serangan produk kompetitif yang sangat memukul pasar," kata Ben Wood, direktur penelitian di CCS Insight.

LONDON - Nokia tidak ingin menjadi sebagai pengekor di kelas smartphone. Karena itu, produsen ponsel asal Finlandia itu bakal menggerojok pasar telepon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News