Lebih Satu Kilometer, Siswa Miskin Dibelikan Sepeda

Lebih Satu Kilometer, Siswa Miskin Dibelikan Sepeda
Lebih Satu Kilometer, Siswa Miskin Dibelikan Sepeda
JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberikan biaya personal kepada sebanyak 4,9 juta siswa miskin di seluruh Indonesia. Rinciannya, 1,3 juta siswa SD dan 3,6 juta siswa SMP.

"Biaya personal bagi anak-anak atau siswa miskin itu untuk membeli buku, pakaian , alat tulis, dan transport," jelas Dirjen Pendidikan Dasar Suyanto kepada JPNN di Jakarta, Minggu (11/12).

Suyanto menjelaskan, dalam menyalurkan bantuan personal tersebut, anggarannya didapat dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Sekolah nantinya akan membelikan barang-barang tersebut. Sehingga, siswanya nanti sudah menerima dalam bentuk barang. Kalau masih dalam bentung uang, kami khawatir akan disalahgunakan dan tidak tepat sasaran," terang Suyanto.

Dalam pengadaan seragam, sepatu dan alat tulis di masing-masing sekolah, lanjut Suyanto, tidak perlu menggunakan tender. Pasalnya, jumlahnya tidak terlalu banyak di setiap sekolah. "Tidak perlu tender, ini kan swakelola. Lagipula jumlahnya tidak banyak di setiap sekolah," ujarnya.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberikan biaya personal kepada sebanyak 4,9 juta siswa miskin di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News