Lebih Selektif di Asian Games 2014

Lebih Selektif di Asian Games 2014
Lebih Selektif di Asian Games 2014

NAYPYITAW - Perhelatan SEA Games XVII Myanmar memberikan pelajaran banyak untuk Indonesia. Gagal mempertahankan gelar juara umum, Indonesia kini dihadapkan pada event yang lebih besar, yakni Asian Games 2014 di Incheon.
      
Dari 38 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, Indonesia akan selektif dalam berpartisipasi. Hanya yang berpotensilah yang akan diikuti. Dari data sementara mungkin hanya 19 cabor yang akan diikuti.
      
Yakni renang, atletik, panahan, badminton, tinju, kano, balap sepeda, anggar, senam, judo, karate, rowing, sepak takraw, menembak, taekwondo, voli pantai, angkat besi, gulat, dan wushu.  
      
Direktur operasional dan kepelatihan Paulus Pasurney menyatakan akan menggodok berapa cabor yang turun di multievent tertinggi di Asia itu. Paling lambat dijadwalkan Februari, pelatnas Asian Games sudah harus bergulr.
      
"Kalau lihat jangka waktu Asian Games ini tak sampai sepuluh bulan lagi. Asian Games sudah mulai September mendatang. Makanya kita akan segera rapat," kata Paulus.
      
Beberapa cabor yanng punya sistem pelatnas yang bagus, mungkin awal Januari sudah bergerak. Misalnya saja renang, atletik, angkat besi, dan wushu.
      
Bicara mengenai peluang medali, kondisi Asian Games 2014 ini tak seperti di Guangzhou, Tiongkok tiga tahun lalu. Cabor yang menyumbangkan empat medali emas, yakni perahu naga tak lagi dipertandingkan.
      
Paulus berharap, cabor-cabor yang berprestasi di SEA Games melanjutkan torehan bagusnya. Misalnya wushu, balap sepeda, angkat besi, rowing, dan badminton bisa menggantikan posisi perahu naga menyumbang medali.
      
Di sisi lain, pelatih pelatnas Albert C. Sutanto menyatakan usai SEA Games ini, anak asuhnya akan mulai latihan usai tahun baru. I Gede Siman Sudartawa dkk diberi libur kurang lebih dua pekan sampai awal tahun.
      
"Kami pasti akan menyiapkan pelatnas buat Asian Games. Persiapan mulai awal tahun. Akhir tahun ini kami akan evaluasi dulu soal performa di SEA Games," kata Albert.
      
Mantan perenang nasional itu berharap empat nama perenang akan bisa diandalkan. Yakni Glenn Viktor, Siman Sudartawa, Triady Fauzi, dan Indra Gunawan.
      
Siman akan dikonsentrasikan di nomor 50 meter gaya punggung. Kemudian Triady di nomor 50 dan 100 meter gaya bebas. Indra akan ditajamkan di nomor 50 dan 100 meter gaya dada. Sedangkan Glenn di nomor 50 meter gaya kupu. (dra/ren/ham)

 


Berita Selanjutnya:
Singo Edan Terzalimi

NAYPYITAW - Perhelatan SEA Games XVII Myanmar memberikan pelajaran banyak untuk Indonesia. Gagal mempertahankan gelar juara umum, Indonesia kini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News