Legalisasi Ganja Dorong Peningkatan Kecelakaan Mobil

Legalisasi Ganja Dorong Peningkatan Kecelakaan Mobil
Honda HRV korban kecelakaan lalu lintas yang ditabrak bus kopaja. Foto: Ist

jpnn.com, KANADA - Menurut laporan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) Amerika Serikat, penggunaan ganja atau mariyuana yang dilegalkan ikut mendorong penigkatan kasus kecelakaan mobil di jalan raya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah melegalkan mariyuana secara nasional untuk rekreasi di Kanada, beberapa waktu lalu.

"Penelitian terbaru IIHS-HLDI tentang ganja dan tabrakan menunjukkan bahwa melegalkan ganja untuk semua penggunaan, berdampak negatif pada keselamatan jalan kita," kata Presiden IIHS David Harkey, seperti dilansir Fox, Kamis (18/10).

Pernyataan itu brdasar pada perbandingan IIHS atas laporan kecelakaan di Colorado, Nevada, Oregon dan Washington serta negara bagian lainnya yang masih melarang penggunaan ganja untuk rekreasi.

Mereka menemukan peningkatan kecelakaan rata-rata 5,2 persen menurut data penegak hukum dan kenaikan 6 persen untuk klaim asuransi.

Peningkatan klaim asuransi dua kali lebih tinggi dari yang ditemukan dalam penelitian serupa di Colorado, Oregon dan Washington tahun lalu.

Meskipun kecelakaan itu, belum ditemukan faktor ganja/mariyuana sebagai penyebab utama, namun IIHS menyarankan agar pemerintah negara bagian harus mempertimbangkan faktor kecelakaan sebelum melegalkan ganja.

"Negara-negara yang mengeksplorasi legalisasi ganja/mariyuana harus mempertimbangkan efek ini pada keselamatan di jalan raya," pungkas David. (mg8/jpnn)


Menurut laporan IIHS Amerika Serikat, penggunaan ganja atau mariyuana yang dilegalkan ikut mendorong peningkatan kecelakaan di jalan raya.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News