Legislator Ini Minta Tarif Masuk Candi Borobudur Terjangkau Bagi Rakyat Indonesia

Legislator Ini Minta Tarif Masuk Candi Borobudur Terjangkau Bagi Rakyat Indonesia
M. Sarmuji. Foto: DPR RI/source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M Sarmuji setuju apabila pemerintah menaikkan harga tiket masuk ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, bagi wisatawan mancanegara.

Namun, dia meminta tarif tinggi tidak diberlakukan bagi wisatawan lokal untuk masuk peninggalan sejarah Dinasti Syailendra itu.

"Jadi, untuk tiket wisatawan lokal, harus terjangkau oleh seluas-luasnya masyarakat Indonesia," Sarmuji di Jakarta, Selasa (7/6).

Toh, kata Sarmuji, Candi Borobudur adalah tempat wisata yang dikelola BUMN. Seharusnya, penentuan tarif harus memerhatikan kondisi perekonomian masyarakat lokal.

“Kalau harga tiket buat warga lokal dinaikkan sedemikian tingginya, masyarakat akan berpikir, kok, tempat wisata yang dikelola negara malah lebih mahal dari tempat wisata swasta, ya," ujar dia.

Selain itu, kata Sarmuji, penentuan tarif masuk Candi Borobudur perlu menimbang aspek pendidikan. Tidak sedikit masyarakat yang datang ke candi tersebut demi mengenal sejarah Indonesia.

"Khususnya untuk kepentingan pelajar dan pembelajaran sejarah, harga tiket harus lebih murah lagi agar generasi sekarang bisa memetik pelajaran dari masa lalu," ungkap legislator Daerah Pemilihan VI Jawa Timur itu. 

Sebelumnya, pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk ke Candi Borobudur untuk wisatawan lokal dan mancanegara sebesar 1.500 persen.

Legislator ini meminta tarif tinggi masuk ke Candi Borobudur tidak diberlakukan bagi wisatawan lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News