Legislator PAN Sebut Bamsoet Layak Pimpin DPR, Ini Alasannya

Legislator PAN Sebut Bamsoet Layak Pimpin DPR, Ini Alasannya
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - DPR akan segera menggelar rapat paripurna untuk mengawali masa sidang 2018 pada 9 Januari mendatang. Namun, hingga saat ini belum ada ketua DPR definitif pascakeputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengurung Setya Novanto.

Sejumlah nama legislator Golkar pun mulai disebut-sebut sebagai calon ketua DPR pengganti Novanto. Ada nama Aziz Syamsuddin, Ridwan Hisjam, Agus Gumiwang Kartasasmita, Zainuddin Amali dan Bambang Soesatyo.

Namun, legislator Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi memilih menjagokan Bambang untuk memimpin DPR. Wakil ketua umum PAN itu punya tiga alasan sehingga Bamsoet -panggilan Bambang- pantas menjadi ketua DPR definitif.

Alasan pertama, Bamsoet memiliki pengalaman empiris dalam menjalankan tugas sebagai legislator karena sudah beberapa kali terpilih. “Itu menjadikan Bamsoet mengerti suasana kebatinan dalam menjalankan organisasi kelembagaan DPR,” ujar Viva, Selasa (2/1).

Kedua, Bamsoet yang kini memimpin Komisi III DPR juga memiliki kapasitas dan kompetensi dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Itu bisa dilihat dari rekam jejak Bamsoet,” ujar Viva yang juga wakil ketua Komisi IV DPR.

Alasan ketiga karena Bamsoet memiliki kemampuan komunikasi yang baik di lintas fraksi DPR. “Sehingga menjadi nilai tambah yang positif di internal DPR,” tegas anak buah Zulkifli Hasan di PAN itu.(aim/JPC)


Sejumlah nama legislator Golkar mulai disebut-sebut sebagai calon ketua DPR pengganti Setya Novanto yang kini berstatus terdakwa kasus korupsi e-KTP.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News