Lemak Darah Mungkin Berperan Dalam Migrain

Lemak Darah Mungkin Berperan Dalam Migrain
ILUSTRASI. FOTO. DOK.FOX NEWS

jpnn.com - Wanita yang memiliki migrain memiliki berbagai tingkat lemak tertentu dalam darah mereka dibandingkan wanita yang tidak menderita sakit kepala ini.

“Saat ini tidak ada biomarker atau darah tes yang bisa membantu kita untuk membedakan orang-orang yang mendapatkan migrain dari mereka yang tidak,” kata penulis studi Dr B. Lee Peterlin, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (22/9).

Dalam studi tersebut, para peneliti memeriksa sampel darah dari 52 wanita dengan migrain episodik dan 36 wanita yang tidak memiliki sakit kepala. Migrain episodik berarti memiliki sakit kepala migrain hingga 14 hari per bulan. Para wanita dalam penelitian ini memiliki sakit kepala sekitar enam hari per bulan.

Para peneliti menguji sampel darah perempuan untuk kelas lipid yang sebelumnya telah ditunjukkan untuk memainkan peran dalam mengatur keseimbangan energi dan peradangan, menurut penelitian ini.

Para peneliti menemukan bahwa kadar lipid yang disebut ceramides lebih rendah pada wanita dengan migrain episodik dari pada wanita yang tidak memiliki sakit kepala ini. Para wanita dengan migrain memiliki sekitar 6.000 nanogram per mililiter (ng / ml) dari ceramides dalam darah mereka rata-rata dibandingkan dengan sekitar 10.500 ng / ml pada wanita tanpa sakit kepala.

Selain itu, risiko perempuan migrain meningkat dengan tingkat yang lebih tinggi dari dua jenis lipid yang berbeda yang disebut sphingomyelin.

Hasil ini menunjukkan bahwa lipid yang diperiksa dalam penelitian mungkin terlibat dalam menyebabkan migrain.

Dalam percobaan lain dalam studi baru, para peneliti mengamati tingkat lipid dalam sampel darah dari 14 peserta tanpa mengetahui mana dari wanita memiliki migrain. Mereka menemukan bahwa mereka mampu mengidentifikasi dengan benar, berdasarkan tes darah, wanita dengan migrain dan wanita yang tidak memiliki sakit kepala.

“Studi ini merupakan kontribusi sangat penting untuk pemahaman kita tentang dasar-dasar dari migrain dan mungkin memiliki efek luas dalam mendiagnosis dan mengobati migrain jika hasilnya direplikasi dalam studi lebih lanjut,” Dr. Karl Ekbom, dari Karolinska Institute di Swedia.

Wanita yang memiliki migrain memiliki berbagai tingkat lemak tertentu dalam darah mereka dibandingkan wanita yang tidak menderita sakit kepala ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News