Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Makanan yang mengandung asam folat dinilai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya untuk bagian tertentu saja. Bukan saja untuk menjaga kesehatan tetapi asam folat juga bisa membantu dalam proses penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Untuk ibu hamil pun makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk perkembangan janinnya supaya tumbuh normal dan tidak mengalami kecacatan.

Asam folat adalah sejenis vitamin B9 yang larut dalam air. Manfaat asam folat yang utama adalah untuk kelancaran metabolisme dan perkembangan sel tubuh.

Asupan harian yang direkomendasikan:

· Pria di atas 19 tahun: 400 mikrogram

· Wanita di atas 13 tahun: 400-600 mikrogram

· Wanita hamil: 600 mikrogram

Harap dicatat: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat tinggi asam folat bisa menyebabkan kanker payudara, oleh karena itu penting untuk memantau asupan asam folat Anda. Untuk mencegah over dosis folat, tingkat maksimum asam folat yang sebaiknya dikonsumsi adalah 1000 mikrogram.

Makanan yang mengandung asam folat dinilai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya untuk bagian tertentu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News