Lencana Nawa Sanga Majapahit Buat Emil Dardak

Lencana Nawa Sanga Majapahit Buat Emil Dardak
Calon wakil gubernur nomor urut satu di Pilgub Jatim 2018, Emil Elestianto Dardak berkesempatan berkunjung ke Trowulan, Mojokerto, yang merupakan pusat kerajaan Majapahit. Foto fot JPNN.com

jpnn.com, MOJOKERTO - Calon wakil gubernur  nomor urut satu di Pilgub Jatim 2018, Emil Elestianto Dardak berkesempatan berkunjung ke Trowulan, Mojokerto, yang merupakan pusat kerajaan Majapahit.

Selain itu, pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa itu juga bercengkerama dengan komunitas Majapahit Nusantara yang menjaga situs Majapahit.

Emil disambut dengan perlakuan khusus dengan mendapatkan replika lencana Nawa Sanga dari komunitas Majapahit Nusantara.

Lencana Nawa Sanga merupakan lencana yang dipakai saat masa Kerajaan Majapahit.

Lencana tersebut berwarna emas diberikan langsung oleh salah satu pengerajin yang tergabung dalam komunitas tersebut. Menurutnya, selain Emil, ada satu orang yang mendapatkan lencana Nawa Sanga.

"Selain Mas Emil, satu lagi yang dapat lencana ini adalah Dewa Budjana," kata pengerajin pada Emil, Sabtu (11/5).

Nawa Sanga memiliki nama lain Nawadewata. Nawa Sanga artinya adalah sembilan penguasa di setiap penjuru mata angin dalam agama Hindu Dharma.

Sembilan penguasa tersebut merupakan Dewa Siwa yang dikelilingi oleh delapan dewa lainnya. Dalam lencana tersebut juga ditemukan Surya Majapahit, yang merupakan lambang Kerajaan Majapahit.

Cawagub Jawa Timur nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak berkesempatan berkunjung ke Trowulan, Mojokerto, yang merupakan pusat kerajaan Majapahit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News