Lepas 74 Peserta Magang ke Jepang, Begini Pesan dan Harapan Menaker Ida Fauziyah

Lepas 74 Peserta Magang ke Jepang, Begini Pesan dan Harapan Menaker Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tengah) saat menghadiri acara pelepasan peserta magang ke Jepang di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Cevest, Kota Bekasi, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, KOTA BEKASI - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melepas 74 peserta magang berangkat ke Jepang.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kerja sama Kemnaker dengan International Manpower Development Organization Japan (IM Japan).

Ke-74 peserta yang berangkat ke Jepang pada Rabu (23/3) itu akan mengikuti program magang selama tiga tahun di perusahaan Jepang yang bergerak di berbagai bidang, seperti kejuruan, industri, manufaktur dan konstruksi serta caregiver.

"Saya berharap saudara nanti berhasil dan kembali ke Indonesia mampu menciptakan lapangan usaha," harap Menaker Ida Fauziyah saat melepas 74 peserta magang di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Cevest, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Program pemagangan ke Jepang tersebut menjadi salah satu solusi dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja terkini.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan pemagangan ke Jepang yang telah berlangsung sekitar 30 tahun telah terbukti mampu menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan mumpuni, etos kerja, disiplin, daya juang, ketekunan dan kemandirian.

"Saya juga mengamati bahwa pemagangan ke Jepang dapat meningkatkan taraf hidup bagi peserta magang dan keluarganya, dan tidak sedikit dari alumni pemagangan mampu berwirusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan, " katanya.

Dia menyampaikan pandemi Covid-19 yang melanda dunia dalam 2 tahun terakhir berdampak dihentikannya pengiriman peserta magang ke Jepang sejak Januari 2021.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan pesan dan harapan saat melepas 74 peserta magang ke Jepang. Simak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News