Lestari Moerdijat Sebut Pendidikan Karakter Sejak Dini jadi Modal Bangun Nasionalisme

Lestari Moerdijat Sebut Pendidikan Karakter Sejak Dini jadi Modal Bangun Nasionalisme
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan pendidikan karakter harus diimplemnetasikan sejak dini dan konsisten. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan pendidikan karakter harus diimplemnetasikan sejak dini dan konsisten.

Hal itu untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan memiliki nasionalisme kuat.

Menurut dia upaya untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negatif yang mampu merusak karakter anak bangsa harus menjadi kepedulian bersama.

"Implementasi sejak dini pendidikan karakter di setiap rumah tangga dan lembaga pendidikan harus konsisten dilakukan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/4).

Dalam sepekan ini, media sosial tersaji tindakan oknum peneliti dan aparat keamanan yang mempertontonkan tindak kekerasan dalam bentuk tindakan terhadap ormas hingga ibu pengendara motor di jalan.

Sebelumnya juga diberitakan sejumlah aksi kekerasan antarwarga di beberapa daerah.

Derasnya perilaku negatif tersaji di berbagai platform media dan terjadi berulang-ulang, ujar Lestari, dikhawatirkan mampu mempengaruhi proses pembentukan karakter generasi muda.

"Apalagi, keteladanan adalah salah satu faktor yang mampu membantu pembentukan karakter seseorang," ujar Rerie sapaan akrab Lestari.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan pendidikan karakter harus diimplemnetasikan sejak dini dan konsisten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News