Lestari Moerdijat Tekankan Pentingnya Kesehatan Jasmani dan Mental Bagi Generasi Muda

Lestari Moerdijat Tekankan Pentingnya Kesehatan Jasmani dan Mental Bagi Generasi Muda
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan tantangan pembangunan SDM generasi muda secara jasmani dan kejiwaan harus dijawab secara bersamaan . Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan penguatan generasi muda secara jasmani dan mental harus secara serius dilakukan.

Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk menjamin proses pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional agar menghasilkan generasi yang tangguh dan berdaya saing.

"Selain meningkatkan kualitas SDM secara jasmani, penting untuk mewujudkan kualitas mental yang tangguh dan berkarakter kuat bagi generasi penerus bangsa ini," kata Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulisnya, Senin (29/5).

Penelitian yang dilakukan The Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) bekerjas ama dengan Universitas Gadjah Mada yang dirilis akhir 2022 menemukan sebanyak 2,45 juta remaja Indonesia didiagnosis gangguan jiwa dan 15,5 juta remaja kesehatan jiwanya terganggu dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Lestari mengatakan gangguan jiwa menurut Kemenkes adalah suatu perubahan pada fungsi jiwa yang menyebabkan adanya gangguan pada fungsi jiwa sehingga dapat menimbulkan penderitaan pada individu dan atau hambatan dalam melaksanakan peran sosial.

Sementara itu, kesehatan jiwa adalah suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan selaras dengan keadaan orang lain.

Menurut Lestari, temuan dalam survei tersebut harus menjadi perhatian para pemangku kebijakan agar potensi kendala dalam proses pembangunan SDM nasional dapat diantisipasi dengan baik.

Petinggi Partai NasDem yang akrab disapa Rerie itu menyampaikan pembangunan SDM secara fisik, melalui peningkatan kualitas kesehatan jasmani, dengan upaya pemenuhan gizi seimbang dan pelayanan kesehatan yang baik, masih menghadapi sejumlah tantangan.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan tantangan pembangunan SDM generasi muda secara jasmani dan kejiwaan harus dijawab secara bersamaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News