Lestarikan Alam, Shopee Fasilitasi Pengguna Sumbangkan Pohon Lewat Gim Ini

Lestarikan Alam, Shopee Fasilitasi Pengguna Sumbangkan Pohon Lewat Gim Ini
Melalui program #ShopeeTanamHutanIndonesia, pengguna Shopee yang bermain permainan populer Shopee Tanam dalam aplikasi Shopee bisa mengkonversi hasil panen virtualnya menjadi 1.500 bibit pohon kopi untuk ditanam di kaki Gunung Gede Pangrango. Foto: ANTARA/ HO Shopee

jpnn.com, JAKARTA - Platform e-dagang Shopee kembali melanjutkan program #ShopeeTanamHutanIndonesia melalui permainan "Shopee Tanam" yang bertujuan untuk membantu pelestarian lingkungan.

Melalui program #ShopeeTanamHutanIndonesia, pengguna Shopee yang bermain permainan populer Shopee Tanam dalam aplikasi Shopee bisa mengkonversi hasil panen virtualnya menjadi 1.500 bibit pohon kopi untuk ditanam di kaki Gunung Gede Pangrango.

Pengguna Shopee yang telah ikut berdonasi pohon, akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk 100 Koin Shopee dan sertifikat yang bisa mereka bagikan di media sosial.

Program ini hadir sejak 30 Juli hingga 5 Agustus 2022 dan menghadirkan gebrakan baru dalam aktivitas pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan teknologi digital, sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia.

Dalam melaksanakan program ini, Shopee menggandeng Komunitas Sangga Buana.

“Pohon kopi memiliki akar yang kuat dan lentur serta mampu beradaptasi dengan jenis tumbuhan lain, sehingga mampu menjaga ketahanan tanah di sekitar aliran hulu sungai agar tidak terjadi longsor dan menimbulkan sedimentasi pada aliran sungai," ujar Relawan Komunitas Sangga Buana Aryo Salaka dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.

Kampung Ciwaluh dipilih karena lokasinya berdampingan dengan aliran Sungai Cisadane yang menjadikannya cocok untuk ditanami banyak tanaman, salah satunya kopi. Kopi pun bagi warga sekitar Kampung Ciwaluh merupakan komoditas utama sebagai sumber penghasilan.

Selain dampaknya terhadap perekonomian warga sebagai tanaman produktif, nyatanya pohon kopi juga memiliki fungsi sebagai tanaman konservasi yang baik.

Pengguna Shopee yang telah ikut berdonasi pohon, akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk 100 Koin Shopee dan sertifikat yang bisa mereka bagikan di media sosial

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News