Letjen Ganip Warsito, dari Kasum TNI jadi Kepala BNPB

Letjen Ganip Warsito, dari Kasum TNI jadi Kepala BNPB
Presiden Joko Widodo melantik Letjen TNI Ganip Warsito menjadi Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5). Foto: Screenshot akun Setpres di YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen TNI Ganip Warsito menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5).

Pelantikan Ganip yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 79B Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dalam Keppres itu, presiden mengangkat Ganip dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri.

Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada Ganip. Presiden meminta jenderal TNI AD bintang tiga itu untuk mengikuti.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi yang diikuti Ganip Warsito.

Dalam pelantikan itu, hadir juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polkam) Mahfud MD, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pramono Anung. (tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Letjen TNI Ganip Warsito dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dia diambil sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News