Lewat Graduation UMKM Academy 3.0, Kimia Farma Tingkatkan Kualitas Pelaku Usaha

Lewat Graduation UMKM Academy 3.0, Kimia Farma Tingkatkan Kualitas Pelaku Usaha
Logo Kimia Farma. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk mengajak UMKM binaannya dalam program Graduation UMKM Academy 3.0 di Kantor Pusat Kimia Farma Jakarta Pusat.

Acara ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan UMKM Academy yang telah digelar sejak November 2022.

Melalui kegiatan ini, Kimia Farma memberikan pemberdayaan dan pendampingan UMKM yang menitikberatkan pada upaya peningkatan daya saing dengan pendekatan aspek manajerial UMKM, yang dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, dengan melibatkan secara aktif mentor profesional agar semakin berkembang dan mandiri.

Direktur Sumber Daya Manusia Kimia Frma, Dharma Syahputra menjelaskan UMKM Academy ini merupakan kali ke-3 yang digelar.

Berbeda dengan sebelumnya, pada tahun ini Kimia Farma membagi UMK menjadi dua level yaitu level basic dan level intermediate yang dilihat dalam aspek digitalisasi dan brand identity.

“Para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan inkubasi bisnis selama 4 bulan dengan didampingi oleh mentor dan coach yang ahli di bidangnya. Aspek digitalisasi dan brand identity menjadi dasar pengkategorian level UMK. Hal ini merupakan faktor pendukung untuk memperluas pangsa pasar UMKM,” ungkap Dharma.

Teddy Poernama selaku Penata Kelola Perusahaan Negara Madya, Keasdepan TJSL KBUMN menuturkan akan selalu mendorong UMKM untuk terus berkembang dengan berbagai program pembinaan, agar nantinya bisa berkompetisi secara nasional dan internasional dengan produk dari luar negeri.

“UMKM Academy 3.0 Kimia Farma merupakan peran BUMN dalam peningkatan kualitas pelaku UMKM. Graduation UMKM Academy 3.0 akan memberikan peluang bagi UMKM binaan Kimia Farma untuk dapat masuk sebagai rantai pasok BUMN khususnya Kimia Farma melalui pendekatan Creating Shared Value (CSV)," ucap Teddy.

UMKM Academy 3.0 Kimia Farma merupakan peran BUMN dalam peningkatan kualitas pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News