Lewat MoU, Dorong Banyak Mahasiswa Kaltara Masuk PTN di Makassar

Lewat MoU, Dorong Banyak Mahasiswa Kaltara Masuk PTN di Makassar
Lewat MoU, Dorong Banyak Mahasiswa Kaltara Masuk PTN di Makassar

jpnn.com - MAKASSAR - Di usianya yang baru setahun, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara menunjukkan keseriusannya untuk memprioritaskan pembangunan sumberdaya manusia (SDM) sebagai tonggak dasar penggerak pembangunan. Upaya yang dilakukan melalui kerja sama dengan universitas unggulan di Indonesia.

Terbaru, Pemprov Kaltara menjalin kerja sama dengan dua universitas unggulan di Makassar. Yaitu Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Siang tadi, Selasa (13/5), Penjabat Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menandatangani nota kerja sama bersama Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Rektor UNM Aris Munandar.

“Menjalin kerja sama dengan berbagai universitas unggulan di Indonesia adalah upaya mempersiapkan SDM unggulan untuk membangun Kaltara ke depan. Karena membangun SDM yang tangguh di Kaltara membutuhkan waktu antara 25 hingga 30 tahun,” kata Irianto Lambrie.

Menurut data, kata pria yang sebelumnya menjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim itu, mahasiswa Kaltara yang menimba ilmu di Makassar sebanyak 3 ribuan. Namun yang diterima di Unhas hanya 46 orang saja.

“Meski mahasiswa Kaltara hanya sedikit yang diterima di universitas negeri di Makassar, namun kita lebih beruntung ketimbang Papua. Dengan MoU ini mendorong agar mahasiswa Kaltara lebih banyak yang masuk universitas negeri di Makassar,” harapnya.

Sebelumnya, Pemprov Kaltara juga telah membuat kerja sama seperti dengan Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan sekolah tinggi di tingkat kementerian.(dsh)


MAKASSAR - Di usianya yang baru setahun, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara menunjukkan keseriusannya untuk memprioritaskan pembangunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News