Lewat Selebaran, Israel Adu Domba Warga Gaza dengan Hamas

Lewat Selebaran, Israel Adu Domba Warga Gaza dengan Hamas
Jurnalis tewas ditembak tentara saat liput unjuk rasa di Gaza. Foto: Daily Sun

jpnn.com, GAZA - Israel mengancam warga Palestina lewat selebaran yang disebar di wilayah Gaza, Jumat (20/4). Selebaran itu terkait demonstrasi Great March Return yang digelar warga Gaza setiap pekan.

Selebaran yang disebar menggunakan pesawat tersebut berisi peringatan agar warga Gaza menghentikan aksi mereka. Israel tak segan bertindak tegas jika peringatan itu diabaikan.

Melalui selebaran itu, Israel juga berusaha mengadu domba warga dengan Hamas.

"Organisasi teror Hamas memanfaatkan Anda untuk melakukan serangan teror. Pasukan Israel terus disiapkan untuk semua skenario. Tinggalkan pagar perbatasan dan jangan mencoba untuk merusaknya," bunyi selebaran tersebut.

Seperti dilansir Reuters, ini merupakan pertama kalinya militer Israel memberi peringatan melalui selebaran usai bentrokan yang terjadi di perbatasan Gaza beberapa waktu lalu.

Unjuk rasa Great March Return berubah menjadi bentrokan karena tentara Israel menggunakan pendekatan represif. Mereka bahkan menyiapkan penembak jitu di perbatasan dengan Palestina.

Hampir 30 warga tewas di tangan tentara Israel yang tidak terima karena mereka membakar ban dan melempar batu.

Great March Return adalah aksi protes warga Palestina agar tanahnya yang telah dirampas bisa kembali ke tangan mereka. Aksi ini dimulai sejak 30 Maret dan kemungkinan akan berlanjut hingga Mei mendatang. (iml/JPC)


Israel berusaha mengadu domba warga Gaza dengan Hamas lewat sebuah selebaran yang disebar pada Jumat (20/4)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News