Lewat SoIFo 2018, Pemerintahan Jokowi Buka Mata Dunia

Lewat SoIFo 2018, Pemerintahan Jokowi Buka Mata Dunia
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Foto: klhk

jpnn.com, JAKARTA - Dalam kurun waktu tiga tahun antara 2015-2018, perubahan mendasar dan besar-besaran dilakukan pemerintah Indonesia dalam sektor kehutanan. Sajian data dan fakta yang secara lengkap tersaji dalam buku The State of Indonesia's Forests (SoIFo) 2018 pun menuai apresiasi.

''Kami tahu proses pembuatan buku ini sangat berat, karena objek yang dibahas dalam buku terkait kebijakan, yang memerlukan pengumpulan, penampilan data dan bukti yang cukup,'' ujar FAO (Food and Agriculture Organization) Representative, Stephen Rudgard, melalui keterangannya, Kamis (9/8).

Sehari sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya kembali memaparkan SoIFo di Jakarta, di hadapan para duta besar negara sahabat, dan perwakilan organisasi internasional di Indonesia. SoIFo juga disampaikan dalam forum Committee on Forestry (COFO) 2018 di kantor pusat Food and Agriculture Organization of the United Nation (FAO), di Roma, Italia, beberapa waktu lalu.

SoIFo 2018 membuka 'mata dunia' tentang komitmen dan keseriusan pemerintahan Presiden Jokowi melakukan perubahan besar kebijakan kehutanan yang sejalan dengan kebijakan global SDGs (pembangunan berkelanjutan) dan upaya-upaya nyata dalam agenda perubahan iklim.

Selain FAO, apresiasi juga disampaikan Dubes Norwegia untuk Indonesia, Vegard Kaale. Ia bahkan memposting khusus apresiasi pada Menteri Siti Nurbaya melalui akun medsosnya.

''Norway congratulates minister #SitinurbayaLHK on increasing transparency and accountability in #ForestManagement during launch of #StateOfTheForestInIndonesia #SOIFO #Climateforest,'' tulisnya yang bermakna memberi ucapan selamat atas keberanian pemerintah Indonesia melalui KLHK meningkatkan transparansi dan akuntabilitas tata kelola pengelolaan hutan melalui SOIFO 2018.

Ini memang pertama kalinya Pemerintah Indonesia blakblakan tentang kondisi hutan Indonesia dari masa ke masa, disertai langkah-langkah koreksi yang dilakukan pemerintahan saat ini dari berbagai kebijakan di masa lalu.

''The 2018 #StateOfTheForestInIndonesia Shows forests are in better state than a decade ago #SitiNurbaya LHK #Indonesia #Climateforest,'' tambah Kaale dalam postingan berikutnya.

Persoalan kehutanan yang kompleks dan rumit berhasil diurai satu per satu, dan kondisi terkininya menunjukkan hasil yang positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News