Lewat UMKM Gayeng 2023, Ganjar Gandeng BI Majukan Produk Dalam Negeri

Lewat UMKM Gayeng 2023, Ganjar Gandeng BI Majukan Produk Dalam Negeri
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggandeng Bank Indonesia (BI) untuk memajukan Produk Dalam Negeri melalui event UMKM Gayeng 2023, bertajuk ‘go GReen, sustAiNable, Digital, dan Export (go GRANDE)’.

Acara tersebut digelar mulai Selasa (11/4) hingga Sabtu (15/4) di Tentrem Mall, Kota Semarang, Jateng.

Di event kali ini, Ganjar memperkenalkan berbagai produk UMKM dari kategori agro komoditi, kerajinan, furnitur, dekorasi rumahan, fashion, hingga makanan dan minuman.

Adapun berbagai produk yang dipamerkan berasal dari eks karesidenan Semarang, karesidenan Pati, eks karesidenan Kedu, eks karesidenan Surakarta, dan eks karesidenan Surakarta.

Ada juga sejumlah produk dari Singapura dan India.

Tak hanya pameran produk, para pelaku UMKM juga dapat mengikuti kegiatan bermanfaat di event ini seperti capacity building UMKM, edukasi dan sosialisasi, business matching pembiayaan, dan penjualan/ekspor.

“Kami fasilitasi UMKM kita. Kami kerja sama dengan Belgia, dengan Singapura, dan tadi pagi kebetulan saya menerima Duta Besar Singapura untuk Indonesia yang baru dan beberapa di antaranya bercerita soal UMKM,” kata Ganjar, Rabu (12/4).

Menurut Ganjar, berbagai produk UMKM di Jateng memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari hasil-hasil impor.

Ganjar Pranowo mengatakan, Pemprov Jateng berkomitmen untuk konsisten mendukung UMKM berkembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News