Libatkan Masyarakat Setempat, PetroChina Terus Kembangkan Kawasan Wisata di Jambi

Libatkan Masyarakat Setempat, PetroChina Terus Kembangkan Kawasan Wisata di Jambi
Embung Bina Lestari yang merupakan embung pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang juga difungsikan sebagai kawasan wisata air, serta Kawasan Mangrove Pangkal Babu. Foto dok PCJL

jpnn.com, JAMBI - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL), yang mengelola Wilayah Kerja Jabung di bawah kendali dan pengawasan SKK Migas, terus mendukung berbagai upaya pembangunan masyarakat di wilayah beroperasi.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, PCJL mengembangkan beberapa kawasan wisata seperti Ekowisata Sukorejo yang berbasis pembudidayaan kopi liberika, Embung Bina Lestari yang merupakan embung pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang juga difungsikan sebagai kawasan wisata air, serta Kawasan Mangrove Pangkal Babu.

Dalam ketiga program pengembangan masyarakat ini, PCJL bekerja sama dengan kelompok-kelompok masyarakat lokal.

“Dalam program-program pengembangan masyarakat yang kami jalankan, kami menghormati inisiatif-inisiatif masyarakat lokal. Kami memfasilitasi pelatihan-pelatihan bagi masyarakat lokal dengan harapan mereka dapat meraih kemandirian dalam mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki,” ujar Field Manager Jabung Rudy.

Sementara itu, Act. Communications Manager Afdal menjelaskan PCJL melihat potensi kawasan embung sebagai wisata edukasi kebencanaan.

Dalam pengembangan kawasan, PCJL berfokus pada tiga hal. Pertama edukasi untuk pengenalan fungsi embung, pencegahan karhutla, dan kesadaran lingkungan.

Kemudian sebagai konservasi air dan keanekaragaman hayati, dan yang terakhir tempat wisata guna mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

”Program kami memanfaatkan apa yang sudah ada di sana, yang awalnya untuk pencegahan karhutla, tetapi kami coba mendapatkan nilai lebih dari embung yang sudah ada dan juga untuk memberikan pemasukan untuk masyarakat sekitar dengan pengembangan pariwisata dan kami masih ada pengembangan-pengembangan lebih lanjut di embung tersebut,” jelas Afdal.

Dalam ketiga program pengembangan masyarakat ini, PetroChina bekerja sama dengan kelompok-kelompok masyarakat lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News