JPNN.com

Libur Tahun Baru, Jumlah Wisatawan ke Pulau Seribu Menurun

Senin, 07 Januari 2019 – 11:20 WIB Libur Tahun Baru, Jumlah Wisatawan ke Pulau Seribu Menurun - JPNN.com

jpnn.com, KEPULAUAN SERIBU - Masa liburan Tahun Baru 2019 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga, salah satunya ke Kepulauan Seribu.

Tercatat sebanyak 2.477 orang wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu melalui Pelabuhan Muara Angke sejak 1 Januari 2019 hingga 5 Januari 2019.

"Sebanyak 656 orang wisatawan telah diberangkatkan dengan sembilan kapal tradisional untuk berwisata ke Kepulauan Seribu," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Muara Angke Sabtu, (5/1).

Jumlah ini menurut Junaidi mengalami penurunan dibandingkan biasanya pada saat peak season, Sabtu dan Minggu. Sayangnya, Junaidi tak merinci berapa penurunan jumlah wisata selama libur Tahun Baru 2019.

Hal ini lantaran para wisatawan masih trauma oleh bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi beberapa waktu yang lalu ditambah kondisi cuaca ekstrem di perairan Indonesia.

Di samping itu, ketentuan setiap penumpang harus memakai life jacket selama pelayaran ke Kepulauan Seribu sudah terpenuhi mengingat tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan pelayaran sudah semakin baik.

"Semua penumpang yang berangkat sudah menggunakan life jacket selama berlayar ke Kepulauan Seribu tanpa terkecuali para wisatawan asing yang ke Pulau Pari dengan KM. Satria Express tadi," tutur Junaidi.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengimbau kepada para pemilik kapal serta seluruh stakeholder terkait pelayaran untuk bekerja sama, mengutamakan keselamatan dan keamanan dalam kegiatan pelayaran, serta selalu siaga dan berpedoman pada kelaiklautan kapal, kelengkapan alat keselamatan.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...