Lihat, Dua F-16 Milik TNI AU Paksa Turun Pesawat Ethiopia

Lihat, Dua F-16 Milik TNI AU Paksa Turun Pesawat Ethiopia
Pesawat Ethopia Airlines callsign ETH3728 dipaksa turun pesawat tempur F-16 milik TNI AU di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (14/1). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos/JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Dua pesawat tempur jenis F-16 milik TNI AU memaksa turun pesawat kargo dari Ethiopia di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin (14/1).

Kronologis kejadian, di atas Jembatan 6, Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri), sebuah pesawat tiba-tiba melakukan manuver tak lazim alias aneh. Dengan berputar sekali.

Pesawat kargo dari Ethiopia tersebut juga melenceng dari rute. Tidak melaju ke utara menuju wilayah Aceh, lanjut ke Malaysia, kemudian Hongkong.

Namun, setelah masuk wilayah udara Indonesia dari perairan Nias, tepat di atas Indragiri Hilir, Riau, pesawat berawak enam orang itu malah bermanuver menuju Kepri.

AirNav Indonesia sempat berkomunikasi dengan pilot pesawat asing tersebut. Namun, pilot tidak bisa menyebutkan izin atau flight clearance untuk memasuki wilayah Indonesia.

Lihat, Dua F-16 Milik TNI AU Paksa Turun Pesawat Ethiopia

Pilot F-16 TNI AU selfie dengan latar belakang pesawat Ethiopian Airline callsign ETH3728 yang dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, Senin (14/1). Foto: TNI AU Untuk Batam Pos

Karena itu, TNI-AU mengirimkan dua pesawat tempur jenis F-16 dari Skadron Udara 16 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk mengintersep dan memaksa pesawat tersebut turun. Pesawat yang membawa muatan 2 ton itu akhirnya turun di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Dua pesawat tempur F16 milik TNI AU berhasil memaksa turun pesawat kargo asal Ethiopia yang memasuki wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News