Lihat, Menteri Siti Nurbaya Menjelaskan tentang Persemaian Mentawir kepada Presiden Jokowi

Lihat, Menteri Siti Nurbaya Menjelaskan tentang Persemaian Mentawir kepada Presiden Jokowi
Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan tentang Persemaian Mentawir kepada Presiden Jokowi (kanan) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Foto: ANTARA/HO-Kementerian LHK

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) saat ini sedang berupaya membangun natural tropical rain forest atau hutan hujan tropis alami di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, hal tersebut sesuai keinginan Presiden Jokowi.

"Pemerintah tengah berupaya membangun natural tropical rain forest Kalimantan di kawasan IKN. Sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi, kelak hutan di kawasan IKN terdiri dari beragam jenis, tidak lagi hutan homogen," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (24/2).

Melalui Persemaian Mentawir yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, hutan heterogen yang tumbuh di kawasan IKN dipasok dari persemaian itu.

Dijelaskan, persemaian Mentawir ditargetkan mampu memproduksi kurang lebih 20 juta bibit pohon per tahun.

Bibit pohon yang ada di sana, di antaranya tanaman endemik Kalimantan terutama yang berkaitan dengan Dipterocarpaceae, seperti meranti, kamper, kapur, blangeran, dan juga beberapa pohon-pohon yang mulai hilang di Kalimantan seperti sungkai.

Menteri Siti menjelaskan secara keseluruhan Persemaian Mentawir mempunyai luas mencapai 120 hektare dan baru sekitar 30 hektare yang digunakan untuk persemaian.

Sementara itu, sisanya dibangun embung yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR dengan keterisian air saat ini kurang lebih tujuh hektare.

Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan, hutan heterogen yang tumbuh di kawasan IKN dipasok dari Persemaian Mentawir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News