Lihat, Mereka Bukan Honorer Lagi, Sudah Berstatus ASN PPPK, Selamat ya

Lihat, Mereka Bukan Honorer Lagi, Sudah Berstatus ASN PPPK, Selamat ya
Sejumlah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemkot Bandung mengikuti orientasi di Bandung, Jawa Barat, Senin (14/11/2022). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung

jpnn.com - BANDUNG - Lihat, Mereka Bukan Honorer Lagi, Sudah Resmi Berstatus ASN PPPK.

Pemerintah Kota Bandung menggelar orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK yang diselenggarakan mulai 14 November hingga 1 Desember 2022.

Kegiatan orientasi PPPK tersebut diikuti oleh 2.828 pegawai yang terbagi dalam lima angkatan.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna berpesan agar para PPPK di lingkup Pemkot Bandung mengaktualisasikan nilai-nilai Berakhlak yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Ema mengatakan PPPK berperan penting menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Karena itu, mereka dituntut beradaptasi dengan cepat, berkomunikasi baik, menjunjung tinggi idealisme, dan bekerja keras sesuai kemampuan masing-masing.

"Tujuannya agar bisa melaksanakan tugas yang menjadi kewajiban. Memberikan optimalisasi pelayanan masyarakat, ini menjadi penting butuh komitmen bersama," kata Ema di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Dia berharap para peserta orientasi dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas diri melalui berbagai program pengembangan kompetensi.

Ema mengatakan bahwa kunci pokok untuk menjalankan urusan wajib layanan dasar salah satunya adalah pendidikan.

"Pendidikan demikian utama, akan menentukan kita (ASN) saat ini ke depan. Kualitas sumber daya manusia menjadi hal utama diperhatikan negara negara besar. Maka pengembangan SDM ASN juga adalah keniscayaan," kata Ema.

Orientasi PPPK 5 Angkatan

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung Adi Junjunan Mustafa mengatakan kegiatan orientasi PPPK tersebut diikuti oleh 2.828 pegawai yang terbagi dalam lima angkatan.

"Para peserta akan diberikan berbagai materi pengembangan kompetensi mulai dari pengenalan tugas fungsi ASN hingga penerapan nilai dan etika pada instansi pemerintah," kata Adi.

PPPK, kata Adi, merupakan tenaga profesional yang kehadirannya diharapkan dapat mempercepat pelayanan publik di lingkungan pemerintah

"Maka pengembangan kompetensinya terus kita (Pemko Bandung) lakukan," kata Adi. (antara/jpnn)

Sebanyak 2 ribu lebih ASN PPPK di Kota Bandung mengikuti orientasi. Mereka bukan lagi tenaga honorer.


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News