Lihat Nih! Ratusan Pasukan Amfibi Unjuk Kehebatan di Selat Madura

Lihat Nih! Ratusan Pasukan Amfibi Unjuk Kehebatan di Selat Madura
PRAJURIT-PRAJURIT TANGGUH: Para anggota Marinir saat berenang di Selat Madura kemarin (29/3). Mereka sedang berlatih untuk pemecahan rekor dalam rangka HUT Ke-15 Pasmar-1 Surabaya.

jpnn.com - SURABAYA – Ratusan Marinir menunjukkan ketangguhannya di Pantai Kenjeran Batu, Kedung Cowek, Selasa (29/3). Sebanyak 200 prajurit pasukan amfibi itu terlihat mengapung-apung di lautan. Ya, prajurit-prajurit tangguh tersebut beradu cepat merenangi Selat Madura untuk mencapai daratan Nambangan.

Para tentara yang mengenakan seragam lapangan, doreng hijau-hijau itu tidak sedang menjalani pendaratan amfibi. Tapi mereka melaksanakan geladi bersih persiapan pemecahan rekor renang Selat Madura dengan peserta terbanyak dalam rangkaian HUT Ke-15

Pasukan Marinir (Pasmar)-1 Surabaya. Para prajurit memacu kecepatan dalam renang militer atau gaya dada. Jarak tempuh dari lokasi pemberangkatan di kaki Jembatan Suramadu sisi Bangkalan mencapai 5,3 kilometer. 

’’Jadwal hari ini (kemarin) masih berupa geladi parsial pertama,’’ ungkap Komandan Batalyon Infanteri-5 Marinir Letkol Mar Freddy Ardianzah selaku kepala bidang renang Selat Madura. 

Berdasar rencana garis besar kegiatan yang mereka susun, masih ada satu lagi geladi parsial dengan jumlah peserta lebih banya Rencananya, latihan kedua sekaligus terakhir diikuti 500 tentara Marinir wilayah timur. 

Latihan tersebut dijadwalkan Rabu (13/4), sedangkan pelaksanaan hari H Kamis (28/4). Dengan waktu persiapan sebulan, Freddy yakin renang Selat Madura yang akan diikuti 2016 orang berlangsung sesuai dengan rencana.

’’Pemecahan rekor dunia Indonesia kategori renang Selat Madura dengan peserta terbanyak juga sebagai perwujudan visi poros maritim,’’ tegas pemimpin batalyon berjuluk Serigala Putih tersebut. Batalyon yang bermarkas di Ujung itu mendapat kepercayaan menghelat lomba renang Selat Madura.

Selain meramaikan hari jadi Pasmar yang diperingati setiap 22 Maret, markasnya relatif dekat dengan wilayah perairan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News