Minggu, 17 Desember 2017 – 11:06 WIB

Lihat! Pak Jokowi Garap Lahan dan Tanam Sawit di Muba

Jumat, 13 Oktober 2017 – 18:25 WIB
Lihat! Pak Jokowi Garap Lahan dan Tanam Sawit di Muba - JPNN.COM

jpnn.com, MUBA - Presiden Joko Widodo bela-belain blusukan ke perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan.

Dia bahkan menggarap sendiri lahan yang disediakan, dan menanaminya.

Hal ini berlangsung ketika Jokowi -sapaan presiden- menghadiri Penanaman Perdana Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit dan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Kabupaten Muba, Jumat (13/10).

Program peremajaan ini dilakukan mengingat produktivitas kelapa sawit di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal berdasarkan potensi yang dimiliki, Indonesia seharusnya dapat memproduksi sawit hingga delapan ton per hektare dalam satu tahun.

“Di Musi Banyuasin akan diremajakan 4.400 hektare kebun sawit yang sudah tua. Biayanya ditanggung oleh pemerintah. Bibitnya diberi, bibit untuk benih jagung, palawija juga diberi,” kata Jokowi.

Selain itu, lahan kebun kelapa sawit yang masuk dalam kawasan hutan akan dikeluarkan dari kawasan hutan. Bahkan, sertifikat untuk kebun kelapa sawit milik rakyat pun sudah disiapkan pemerintah.

“Sudah saya perintahkan untuk dikeluarkan dari kawasan hutan untuk diberikan sertifikat tapi khusus untuk kebun kelapa sawit milik rakyat,” tutur Presiden.

Pemerintah juga akan melakukan peremajaan kebun kelapa sawit yang terfokus di setiap daerah di Tanah Air. Mulai dari Sumatera Selatan, kemudian dilanjutkan provinsi lain di Sumatera, yakni Sumatera Utara, Jambi, dan Riau.

SHARES
loading...
loading...
Komentar