Lika-liku Kepala BIN Pulangkan Pentolan Kelompok Bersenjata Din Minimi

Lika-liku Kepala BIN Pulangkan Pentolan Kelompok Bersenjata Din Minimi
Kepala Bin Sutiyoso saat menggelar konferensi pers usai mengajak Din Minimi turun gunung. FOTO: Rakyat Aceh

jpnn.com - LHOKSEUMAWE - Sebelumnya Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi sempat menegaskan pentolan kelompok bersenjata Din Minimi harus ditangkap, karena termasuk kelompok kriminal. Tapi kini masalah itu selesai sudah. Pasalnya, Presiden Joko Widodo langsung turun tangan dan memerintahkan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso untuk membujuk kelompok bersenjata Din Minimi turun gunung sekaligus menyerahkan semua senjatanya.

Akhirnya upaya Bang Yos, sapaan Sutiyoso berbuah hasil. Orang paling dicari di Aceh dan terlibat dalam beberapa serangan bersenjata itu menyerahkan diri Senin (28/12).

“Selama ini pak Presiden terus memantau perkembangan politik dan keamanan di Aceh, terutama kasus Din Minimi, dan saya diperintahkan untuk turun langsung ke Aceh menemui mereka. Alhamdulillah semua senjata sudah diserahkan,” ujar pria yang akrab disapa Bang Yos kepada Rakyat Aceh.

Bang Yos mengaku tidak mudah membujuk Din Minimi, buktinya setelah  dua bulan lebih berkomunikasi secara intens dengan ketua kelompok bersenjata tersebut baru membuahkan hasil. Namun demikian dirinya akan memperjuangkan tuntutan amnesty dari presiden untuk Din Minimi dan anak buahnya, agar ke depan tidak ada lagi proses hukum dari berbagai pihak.

“Setelah kami berjumpa dan Din Minimi menyerahkan semua senjata saya langsung menelpon Wakil Presiden, Menkopolhukam, Kapolri  termasuk Menkumham Pak Yosana Laoly terkait Amnesty yang akan diberikan kepada mantan kombatan tersebut, agar mereka benar-benar bebas kembali ke masyarakat,” terangnya lagi.

Menurutnya, turunnya kelompok sipil bersenjata itu juga menyerahkan sebanyak 15 pucuk senjata api, terdiri dari 13 pucuk AK-47, dua pucuk FN, Pelontar granat dan sejumlah amunisi. Suksesnya upaya merangkul Din Minimi CS menurut  Letjen Purnawirawan tersebut  tidak terlepas dari adanya bantuan kerjasama semua pihak termasuk TNI/ Polri.

“Dalam dua bulan terakhir ini, kita selalu melakukan koordinasi dengan pihak Din Minimi. Dalam hal ini juga sudah kita beritahukan kepada  dan meminta izin pada bapak Presiden RI Jokowi. Termasuk melapor kepada Kemenkumham, Komisi III RI, Komnas HAM dan pihak lainnya,” tuturnya lagi.

Sutiyoso menambahkan pihaknya akan menjamin keselamatan Din Minimi dan pasukannya untuk mendapatkan perlakuan khusus serta hal ini sudah dikoordinasi dengan semua pihak terutama TNI/Polri. 

LHOKSEUMAWE - Sebelumnya Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi sempat menegaskan pentolan kelompok bersenjata Din Minimi harus ditangkap, karena termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News