Lima Daerah Ini Nyatakan Anggaran Pilkada Cukup

Lima Daerah Ini Nyatakan Anggaran Pilkada Cukup
Lima Daerah Ini Nyatakan Anggaran Pilkada Cukup

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis data terbaru terkait kesiapan anggaran daerah-daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

Setelah difasilitasi, kini hanya tinggal satu daerah yang belum mencukupi. Yakni, Halmahera Barat. Sebelumnya, dana di enam daerah dikabarkan tak cukup untuk menggelar pilkada.

“Dari enam daerah yang tadi menyatakan siap namun belum cukup (anggarannya,) setelah difasilitasi oleh Kemendagri, setelah dibedah satu persatu APBD-nya, lima daerah akhirnya menyatakan siap dan anggarannya cukup,” ujar Direktur Jenderal Keuangan Daerah (Dirjen Keuda) Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, Senin (20/4) petang.

Kelima daerah tersebut masing-masing Kabupaten Kaur, Bengkulu Utara, Kota Bitung Sulawesi Utara, Yahukimo dan Supiori Provinsi. “Dengan demikian sudah ada 56 daerah (dari 68 daerah,red) menyatakan siap dan cukup atau 82.23 persen. Tinggal Halmahera Barat (Maluku Utara) yang masih proses fasilitasi oleh Kemendagri,” tambah pria yang karib disapa Donny itu.

Donny menambahkan, pihaknya masih terus mengupayakan konfirmasi kesiapan pada sebelas daerah yang belum terkonfirmasi karena absen dalam forum konsultasi yang digelar Kemendagri dengan 68 daerah.

“Secepat-cepatnya malam ini (Senin) sudah ada kesimpulan. Meski demikian, melihat data dari sebelas daerah yang masih diupayakan untuk dikonfirmasi oleh Kemendagri, di atas kertas mereka memiliki kapasitas fiskal yang memadai,” tambah Donny. (gir/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis data terbaru terkait kesiapan anggaran daerah-daerah yang akan menggelar pemilihan kepala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News