Lima Faktor ini Membuat Anda Menjadi Pelupa

Lima Faktor ini Membuat Anda Menjadi Pelupa
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - SETIAP orang memiliki pola dan daya pikir yang berbeda-beda. Mulai dari daya ingat tajam, sedang hingga daya ingat lemah yang menyebabkan seseorang  menjadi pelupa.

Berikut beberapa faktor yang membuat Anda menjadi pelupa:

1. Anda mengonsumsi obat yang memiliki efek samping memori.

"Jika khawatir dengan memori Anda, salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah meninjau daftar obat dengan dokter Anda," kata seorang neuropsikolog dan instruktur klinis neurologi, Lauren Drag, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (27/10).

Sebab beberapa resep dan obat over-the-counter bisa mengacaukan memori Anda. Misalnya antikolinergik, obat yang mengganggu neurotransmitter di otak yang disebut asetilkolin.

Obat lain yang harus diperhatikan termasuk obat-obatan untuk tekanan darah, yakni obat penenang seperti valium dan beberapa obat nyeri.

2. Stres.

Stres mengalihkan perhatian otak ketika harus menghafal informasi. Itu sebabnya Anda tidak bisa mengingat sebuah nomor telepon yang baru saja diberikan kepada Anda.

SETIAP orang memiliki pola dan daya pikir yang berbeda-beda. Mulai dari daya ingat tajam, sedang hingga daya ingat lemah yang menyebabkan seseorang 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News