Lima Gajah Ditemukan Mati di Inhu

Lima Gajah Ditemukan Mati di Inhu
Lima Gajah Ditemukan Mati di Inhu
RENGAT - Lima ekor gajah ditemukan mati di Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu, Riau. Hewan yang dilindungi ini ditemukan warga Jumat (26/11) di sekitar areal kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI), di atas areal eks Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT International Forestry Aquatik (IFA) yang dikelola PT CSS.

Belum diketahui pasti penyebab kematian kawanan gajah yang banyak terdapat di sekitar kawasan hutan tersebut. Hanya saja, diperkirakan hal tersebut tidak terlepas dari konflik yang terjadi antara masyarakat dan gajah di kawasan tersebut.

Kepala Seksi Perlindungan BKSDA Wilayah Indragiri, Parmohonan Lubis yang dikonfirmasi tadi malam membenarkan temuan kematian gajah tersebut. "Ya, saya baru mendapatkan laporan dari Kapolsek Pauh Ranap. Tapi saya belum mendapat kepastian penyebabn kematian dan areal pastinya. Hanya saja, saya perkirakan lokasinya berada di sekitar kawasan HTI perusahaan yang berbatasan dengan perkebunan masyarakat," ungkap Lubis.

Di kawasan tersebut, dijelaskan dia, terdapat sekitar 40-an ekor gajah terdiri dari 25 ekor gajah dewasa dengan ukuran besar, 10 ekor ukuran sedang serta 5 ekor berukuran kecil atau remaja dengan usia diperkirakan mulai dua tahun hingga 40 tahun. Hanya saja, dia belum bisa menjelaskan, apakah gajah yang mati tersebut masuk kelompok dewasa, sedang atau anakan.

RENGAT - Lima ekor gajah ditemukan mati di Desa Pauh Ranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Inhu, Riau. Hewan yang dilindungi ini ditemukan warga Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News