Lima Persoalan Mudik Ini Tolong Diselesaikan

Lima Persoalan Mudik Ini Tolong Diselesaikan
Macet. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Ketua Komisi V DPR Fary Francis minta Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan mitra komisi V lainnya membuat terobosan untuk mengatasi lima persoalan yang selalu berulang saat mudik Lebaran.

Lima persoalan itu adalah kelaikan moda transportasi, kemacetan di ruas jalan tol, penanganan kendaraan roda dua, harga karcis, dan pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Harus ada hal baru yang dilakukan sehingga persoalan yang berulang mudik Lebaran di bidang infrastruktur diminimalisir,” kata Fary Francis.

Fary mengatakan Komisi V telah menggelar rapat koordinasi bersama mitra dalam rangka persiapan infrastruktur mudik.

Dalam pertemuan itu, pemerintah telah menjelaskan terobosan yang akan ditempuh untuk mencegah maupun mengurai kemacetan serta memastikan kelaikan bus pengangkut penumpang mudik.

Salah satu terobosan ialah melakukan ram check pada bus untuk menjamin kelayakan mengangkut penumpang.

Bus yang sudah lolos ram check, dipasangan stiker. “Bus yang tidak dipasang stiker jangan diperbolehkan masuk terminal,” tegas Fary.

Informasi mengenai langkah-langkah yang diambil pemerintah harus disampaikan juga kepada masyarakat seperti melalui videotron yang dipasang di pintu masuk tol.

Ketua Komisi V DPR Fary Francis minta Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan mitra komisi V lainnya membuat terobosan untuk mengatasi lima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News