Lima Pesan Mentan untuk Peserta Bimtek Petani Millenial di Jombang

Lima Pesan Mentan untuk Peserta Bimtek Petani Millenial di Jombang
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 27 Maret 2021. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JOMBANG - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 27 Maret 2021.

Dalam acara ini, Mentan menyampaikan 5 pesan penting sebagai acuan dalam membangun pertanian masa depan.

Pertama, anak muda harus membuat rencana jangka panjang dengan planning yang jelas sebagai modal dasar dalam melangkah. Artinya, kata Mentan, petani muda tidak bisa berdiam diri tanpa memikirkan inovasi.

"Planning-nya jelas dan harus terus perkuat. Jelas artinya budi dayanya tidak kabur. Pemasarannya sudah dikonsepkan dan pemasarannya sudah dipikirkan," katanya.

Kedua, petani milenial juga harus memiliki atensi dan berpikir keras untuk meraih kesuksesan. Dalam poin ini, anak kuda tidak boleh menyerah dengan satu kali kegagalan.

"Gagal itu biasa, kalau perlu gagal dulu baru berhasil. Dan yang paling penting atensinya terus bermain. Tidak boleh hanya disatu tepat saja," katanya.

Poin ketiga adalah mempergunakan ilmu pengetahuan sebagai modal dalam berpikir dan bertindak. Pengetahuan harus disiapkan dengan cara belajar dan mengasah rasa keingintahuan.

“Kalau saya bilang poin ini harus lebih banyak memakai knowledge. Pakai pengetuahanmu sebab keringat tidak pernah mengingkari janji," katanya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan 5 pesan penting sebagai acuan dalam membangun pertanian masa depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News