Limbah Tambang Hambat Produksi Padi

Limbah Tambang Hambat Produksi Padi
Limbah Tambang Hambat Produksi Padi
TENGGARONG - Belum maksimalnya produksi beras di Kutai Kartanegara (Kukar) ditenggarai karena adanya limbah batu bara yang meluber ke persawahan. Alhasil, tak hanya produksinya yang kurang maksimal. Lahan pertanian itupun kian menyusut.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengaku, tak semua pertambangan berpengaruh pada pertanian. Begitu juga dengan limbah batu bara.

Jika kadar kekeruhannya tidak melampau ambang normal, maka tak akan berpengaruh pada pertumbuhan padi. Tapi jika kadar kekeruhan air melampaui ambang normal, dipastikan bakal mengambat pertumbuhan padi. Menurut dia, adanya padi yang tumbuh tak maksimal itu karena pengelolaan limbah penambangan yang kurang maksimal. Misal, perawatan sediment pond tak dilakukan perawatan secara rutin.

Sehingga kala hujan deras, dipastikan air dalam polder akan melebihi kapasitas. Sehingga terjadi luberan air ke pemukiman warga atau pertanian, yang lokasi tambangnya dekat dengan sawah.

TENGGARONG - Belum maksimalnya produksi beras di Kutai Kartanegara (Kukar) ditenggarai karena adanya limbah batu bara yang meluber ke persawahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News