Lindungi Perempuan dan Anak dari Kekerasan, Ganjar-Mahfud Rancang Program Jaga Teman

Lindungi Perempuan dan Anak dari Kekerasan, Ganjar-Mahfud Rancang Program Jaga Teman
Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud MD Aryo Seno Bagaskoro mengatakan pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyiapkan program Jaga Teman untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak di seluruh lembaga maupun lingkungan masyarakat.

Seno menyebut Ganjar saat menjabat gubernur Jawa Tengah sudah memiliki program serupa. Menurutnya, Ganjar sangat serius menangani masalah kekerasan hingga perundungan kepada perempuan dan anak.

"Program jaga teman ini ada satu rangkaian program yang tercantum dalam visi misi Ganjar Mahfud terutama memberikan perhatian terhadap perempuan dan anak dalam hal kesejahteraan, melindungin anak terutama dalam menghadapi berbagai kasus kekerasan yang marak terjadi," kata Seno kepada wartawan, Sabtu (11/11).

Seno menjelaskan spirit utama program Jaga Teman adalah membangkitkan kesadaran tentang keberpihakan pada korban.

Memberikan ruang yang memadai dalam pendampingan dengan fasilitas yang cukup di tiap tingkatan penegakan hukum, termasuk dalam hal penguatan anggaran bagi Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak.

"Kemudian memberikan edukasi sosialisasi serta pembangkitan kesadaran secara rutin untuk berpihak kepada korban, baik aparat penegak hukum kemudian lingkungan keluarga," ujarnya.

Lebih lanjut, Seno mengungkapkan bahwa Ganjar sudah memiliki komitmen keberpihakan pada perempuan dan anak sejak duduk di DPR, seperti memperjuangkan pengesahan kuota afirmasi bagi perempuan di ruang politik.

Kemudian saat menjadi gubernur, Ganjar membawa Jateng menjadi provinsi pelopor perlindungan anak dengan program Jogo Konco sebagai program andalan.

Sejak masih di DPR RI, Ganjar Pranowo sudah memberi perhatian besar bagi penanganan masasalah kekerasan serta perundungan kepada perempuan dan anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News