Lintasan Aquabike Jetski Danau Toba Dipastikan Bebas dari Enceng Gondok

Lintasan Aquabike Jetski Danau Toba Dipastikan Bebas dari Enceng Gondok
Kompetisi Balap Dayung Solu Bolon siap memeriahkan event Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023. Foto: Dok radiodelfm.co.id

jpnn.com, DANAU TOBA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Samosir, Edison Pasaribu memastikan lintasan lomba Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba aman dari tanaman Enceng Gondok, sehingga bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Sebagai informasi, enceng gondok di sekitar area lomba Aquabike Jetski di Danau Toba sempat dikhawatirkan mengganggu. Tanaman ini oleh Masyarakat sekitar digunakan untuk Keramba Jaring Apung (KJA).

“Sejauh ini kondisinya (lintasan) bersih (dari Enceng Gondok) dan aman tidak akan mengganggu jalannya lomba,” ujar Edison.

Edison mengungkapkan masyarakat bisa menerima setelah keramba tersebut direlokasi ke daerah yang ditentukan.

Sejak lama di sekitar Dana Toba banyak terdapat Enceng Gondok yang saat dibongkar lepas dan terbawa angin ke tengah danau.

“Kedua memang lokasi di situ agak persimpangan karena waktu dibangun (venue Aquabike) sempat ditutup, sehingga daerah yang ditutup itu numpuk Enceng Gondok-nya, begitu dibuka bonggolnya jadi lepas semua. Itu penyebabnya (banyak Enceng Gondok),” ungkap Edison.

Dia menegaskan guna memastikan tanaman ini tidak kembali, Pemkab Samosir rutin melakukan pemantauan kawasan terutama di sekitar lintasan lomba olahraga air Internasional tersebut, guna memastikan kebersihan lingkungannya.

Masyarakat setempat juga dikatakannya turut membantu dalam mengatasi tanaman hama tersebut dengan mengolahnya menjadi pupuk.

Pemkab Samosir memastikan lintasan lomba Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba aman dari tanaman Enceng Gondok.    

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News