LIPI Uji Kelayakan Kepulauan Tambelan

Sebagai Taman Laut Nasional

LIPI Uji Kelayakan Kepulauan Tambelan
LIPI Uji Kelayakan Kepulauan Tambelan
JAKARTA - Koordinator  Ekspedisi Natuna  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dirhamsyah, mengatakan pihaknya segera  melakukan uji kelayakan pada Kepulauan Tambelan, Provinsi  Kepulauan Riau. Uji kelayakan itu terkait usulan dari pemerintah daerah di  wilayah Kepualuan Riau  yang memiinta Kepulauan Tambelan dijadikan Taman Laut Nasional.

 

"Pulau tersebut diusulkan pemerintah daerah setempat untuk menjadi taman laut nasional. Kami juga diminta untuk mengkaji kepulauan tersebut, tentunya kita melihat  segala aturan yang sudah ditetapkan,” kata Dirhamsyah kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/10).

Di kepulauan Tambelan, lanjut Dirhansyah, ada beberapa habitat yang rentan mengalami kepunahan. Salah satunya, Dugong (ikan duyung) dan penyu yang dilindungi. Habibat itu hidup di perairan Pulau Bintan. “Kami akan melibatkan beberapa pihak terkait yang mengerti dan memahami tentang habitat-habitat di wilayah kepulauan tersebut,” jelasnya.

 

Dirhamsyah mengatakan, LIPI juga akan mengundang Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup untuk meminta tanggapan atas hasil penelitian LIPI yang akan dilaksanakan pada Desember 2010.

JAKARTA - Koordinator  Ekspedisi Natuna  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dirhamsyah, mengatakan pihaknya segera  melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News