Listrik Sempat Padam, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Terminal 3 Aman

Listrik Sempat Padam, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Terminal 3 Aman
Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Foto dok Humas Kementerian Perhubungan

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menegaskan, tidak ada gangguan dari pasokan listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Hal itu disampaikan tekait adanya gangguan listrik selama satu jam, yang sempat terjadi di terminal 3 pada hari pertama beroperasi, 9 Agustus lalu.  

Pada saat kejadian, pasokan listrik PLN ke Bandara Soekarno Hatta dalam kondisi normal. Dengan kapasitas total pasokan 65 Mw, sementara saat ini kebutuhan untuk seluruh Bandara Soekarno Hatta sekitar 36 Mw.

“Pasokan dari PLN aman, pada saat kejadian kami langsung melakukan pemeriksaan untuk jaringan AP 2 dari hasil pemeriksaan tersebut, seluruh jaringan dan pasokan dalam kondisi prima,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka.

Made menambahkan, secara keseluruhan pasokan listrik Bandara Soekarno-Hatta memiliki keamanan atau keandalan yang cukup tinggi, karena dipasok dari 2 sub sistem berbeda.

Yakni Lontar-Kembangan dan MuaraKarang-Gandul melalui 3 Gardu Induk (GI), Cengkareng, GI tanggerang dan GI teluk Naga.

Pasokan itu melalui empat saluran pemasok (feeder) Tegangan Menengah (TM), yang kemudian disalurkan melalui Gardu Hubung.

"Artinya, jika satu jaringan mengalami gangguan, maka perannya akan digantikan dengan jaringan lainnya. PLN akan terus berkoordinasi dengan pihak AP 2 dalam menjaga kestabilan pasokan listrik," tandas Made. (chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News