Literasi Usia Muda Tinggi, Anak 7 Tahun Mampu Baca Sirah Nabi

Literasi Usia Muda Tinggi, Anak 7 Tahun Mampu Baca Sirah Nabi
Peserta termuda (7 tahun), Khalid Akbar Ardiansyah tertarik membaca Sirah Nabi. foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Lomba baca buku Semua Membaca Kehidupan Rasulullah, resmi berakhir Minggu, 1 November 2020. Tercatat 9964 peserta dari berbagai latar mengikuti lomba besutan Mata Air, majalah khusus sains, budaya, dan spiritualitas. Dari jumlah tersebut 6051(61%) peserta adalah perempuan dan 3933 (39%) laki-laki.

Menurut Tegar Rezavie Ramadhan, ketua panitia lomba baca buku, peserta terbanyak berasal dari Provinsi Jawa Barat sebanyak 2232 orang, diikuti Jawa Tengah 1077, dan Aceh 880 orang.

Menariknya dari 9964 peserta lomba membaca ini, rentang usia peserta paling muda berusia 7 tahun dan paling  tua 67 tahun. Data peserta lomba menunjukkan  kelompok usia produktif paling dominan dengan kelompok usia 16-24 tahun sebanyak 58% dan 20-40 tahun sebanyak 33%.

"Ini menjadi kabar gembira karena menunjukkan minat baca di masyarakat Indonesia di rentang usia produktif tinggi," kata Tegar dalam penutupan lomba baca buku Semua Membaca Kehidupan Rasulullah secara virtual, Minggu (1/11).

Sedangkan keikutsertaan rentang usia di bawah 15 tahun juga membawa angin segar di lomba ini yang menunjukkan bahwa semangat literasi  usia muda begitu tinggi. Begitu juga keikutsertaan kelompok usia di atas 40 tahun menunjukkan bahwa semangat masih tinggi.

Apalagi data UNESCO (2019) menyebutkan, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatikan, hanya 0,001%. Artinya dari 1000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

"Melalui lomba Semua Membaca Kehidupan Rasulullah, bisa terlihat bahwa literasi kita makin meningkat. Bahkan anak-anak usia sangat muda ikut tertantang untuk membaca buku kehidupan Rasulullah," terangnya 

Peserta termuda (7 tahun), Khalid Akbar Ardiansyah mengatakan, tertarik membaca Sirah Nabi. Walaupun buku yang dibacanya cukup tebal, tetapi dia tertantang untuk membacanya.

minat baca masyarakat Indonesia untuk usia produktif makin tinggi, bahkan anak-anak usia di bawah 15 tahun literasinya tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News