LKBH Universitas Esa Unggul Gandeng Kerja Sama dengan Arizona State University

LKBH Universitas Esa Unggul Gandeng Kerja Sama dengan Arizona State University
Musyawarah besar dan serah terima jabatan LKBH Esa Unggul Periode 2022/2023. Foto: dok UEU

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Esa Unggul telah memiliki sebuah Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum. 

Lembaga itu merupakan salah satu organisasi bantuan hukum yang bisa digunakan oleh warga masyarakat untuk memperoleh bantuan hukum.

Hal itu sesuai amanah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, yang merupakan hak dasar pemenuhan Hak Asasi Manusia.

Menurut Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul telah terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dengan register Nomor M.HH-02.HN.03.03 untuk periode 2021 sampai dengan 2024.

"Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul juga telah melakukan nota sepemahaman dengan Pengadilan Negeri Jakarta Barat, untuk bertugas di Pos Bantuan Hukum (posbakum) Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk mendampingi terdakwa dalam menghadapi kasus pemeriksaan kasus-kasus Pidana dan Perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu," ujar Arief di Jakarta.

Dia menambahkan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul juga menerapkan kurikulum dan bahan ajar dari Arizona State University (ASU), dan dikembangkan melalui praktik peradilan semu (mootcourt) dalam subjek ketatanegaraan.

Melalui kerja sama dengan Arizona State University memulai transformasi digital untuk memodernisasi pengalaman pendidikan, meningkatkan kurikulum, membuat program inovatif baru, dan memperluas peluang untuk kolaborasi penelitian, pengabdian masyarakat yang semuanya sebagai bagian dari upaya untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di lingkungan global.

"Sekarang Universitas Esa Unggul (UEU) telah resmi bekerja sama dengan Arizona State University (ASU) dan Cintana Alliance sejak Mei 2022 lalu demi mewujudkan komitmen UEU untuk memberikan pendidikan unggul kepada mahasiswa di seluruh Indonesia dan menjadi world-class university,maka salah satunya adalah Kurikulum di Fakultas Hukum dapat dikembangkan dan diadopsi melalui kerjasama dengan Arizona State University (ASU)," sambungnya.

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul menggelar MUBES 2022 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News