LMAN Serahkan Pengelolaan RS Arun pada Pemkot Lhokseumawe

LMAN Serahkan Pengelolaan RS Arun pada Pemkot Lhokseumawe
Penandatanganan perjanjian pinjam pakai aset rumah sakit Arun di Jakarta. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe sepakat menjalin perjanjian pinjam pakai aset rumah sakit Arun di Nanggroe Aceh Darussalam selama lima tahun.

Penandatanganan perjanjian pinjam pakai tersebut dilakukan Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari bersama Wali Kota Lhokseumawe Teuku Suaidi Yahya dan dihadiri oleh Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata, di Jakarta pada Rabu (17/10) lalu.

Rahayu Puspasari mengungkapkan, awalnya rumah sakit Arun dikelola PT Arun, yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina. Setelah tidak beroperasi lagi, Pemkot Lhokseumawe akan mengambil alih RS itu untuk dikelola dari 10 Juli 2018 hingga 12 Juli 2023.

"Dari sisi LMAN, kesepakatan perjanjian pinjam pakai itu memiliki dua arti yakni semangat untuk mengoptimalkan aset negara dan pemeliharaan aset, serta meningkatkan nilai aset," kata Rahayu dalam siaran tertulisnya, Jumat (19/10).

Sebagai operator pengelola barang yang berada di lingkup Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu, LMAN berharap langkah tersebut bisa menguntungkan LMAN dan Pemkot Lhokseumawe, baik dalam aspek ekonomi maupun sosial.

Dari sisi ekonomi, diketahui RS Arun telah menyumbangkan Rp246 miliar per tahun atas perekonomian Pemkot Lhokseumawe. Dengan perjanjian itu Pemkot Lhokseumawe bisa berhemat Rp3,5 miliar per tahun.

"Di sisi lain, perjanjian pinjam pakai juga bermanfaat terhadap aspek sosial lantaran untuk memenuhi fasilitas kesehatan bagi masyarakat di Aceh," terang Rahayu.

Menurut Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata, kesepakatan itu merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memanfaatkan dan sekaligus memelihara aset-aset negara terutama agar tidak rusak dan terbengkalai.

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe sepakat menjalin perjanjian pinjam pakai aset rumah sakit Arun di NAD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News