Lobang Sewu Erorejo, Grand Canyon di Wonosobo...Yuuk ke Sana

Lobang Sewu Erorejo, Grand Canyon di Wonosobo...Yuuk ke Sana
Suasana keramaian Lobang Sewu saat hari libu.Foto: Erwin Abdillah/Magelang Ekspres/JPG

jpnn.com - LOBANG Sewu Erorejo merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dibilang anyar di Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Belakangan banyak calon wisatawan yang mengaku was-was untuk melancong ke lokasi wisata alam yang mirip grand canyon  itu.

Erwin Abdillah, Wonosobo

Pasalnya menurut isu yang beredar, naiknya debit air akibat musim penghujan telah menenggelamkan batuan berlubang yang jadi dayatarik utamanya. Namun kenyataannya, permukaan air hanya mengalami kenaikan tertinggi di angka satu meter saja.

Hal tersebut disampaikan oleh Anas Fauzi, pengelola kawasan wisata desa Erorejo yang mengaku banyak wisatawan yang awalnya ragu untuk mengunjungi lobang sewu lantaran khawatir tidak bisa melihat pemandangan seperti yang ada di media.

“Intinya banyak yang miskomunikasi, masyarakat mengira kawasan Lobang Sewu sudah tenggelam, padahal belum sama sekali. Perkiraan dari pengelola, kenaikan debit air hanya sekitar satu meter dibanding musim kemarau,” jelas Anas pada Wonosobo Ekspres (Jawa Pos Group), kemarin.

Salah satu pengunjung yang menurut Anas hampir saja termakan isu tersebut berasal dari kodya Semarang. Awalnya rombongan bersikeras tidak akan menuju ke Lobang Sewu, namun karena penasaran, maka akhirnya bertemu Anas dan diantarkan hingga ke lokasi dan menemukan bahwa Lobang Sewu masih seindah sebelumnya.

“Salah satu pengunjung dari Kodya Semarang, Kadinas Sosial Pemuda dan Olahraga juga awalnya dilarang berwisata ke sini (Erorejo) karena dikira sudah tenggelam, namun akhirnya terbukti bahwa sama sekali tidak tenggelam. Kami berharap masyarakat jangan mudah percaya kabar tersebut,” imbuhnya.

Anas berharap, para wisatawan yang mengunjungi Lobang Sewu juga ikut menjaga kelestarian alam, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membantu mempromosikan wisata Erorejo yang kini tengah bergeliat. Menurutnya, sebelum 2015, debit air bahkan lebih tinggi dan bahkan menggenangi separo lebih bebatuan, meskipun masih bisa dilihat dari jauh.

LOBANG Sewu Erorejo merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dibilang anyar di Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Belakangan banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News