Logbook Lion Air JT610 Sudah di Tangan KNKT, Rahasia!

Logbook Lion Air JT610 Sudah di Tangan KNKT, Rahasia!
Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggelar konferensi pers tentang Pesawat Lion Air JT610 di kantor pusatnya, Jakarta Pusat, Senin (30/10). Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang memberikan izin terbang ke Pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta - Pangkal Pinang.

"Kami belum periksa. Kami baru periksa pihak Airnav Indonesia dan Lion Air. Petugas kami masih di kantor Lion Air," kata Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Haryo menjelaskan, pihaknya sudah memeriksa sejumlah pernyataan penumpang yang diangkut oleh Lion Air JT610. Sebelum berangkat ke Pangkal Pinang, diketahui pesawat itu terbang dari Bali - Jakarta.

"Keterangan verbal sudah diambil. Tetapi kami harus menunggu ditemukannya black box pesawat," ujar Haryo.

Dia menerangkan, black box merupakan kunci agar penyebab pesawat kecelakaan terungkap. Tanpa hal itu, penyebab kecelakaan sulit untuk dibuktikan.

Selain itu, Haryo mengaku sudah mengambil logbook pesawat tersebut. Di dalam logbook itu, KNKT bisa melihat riwayat permasalahan pesawat, jam terbang pesawat, rute, pilot, jumlah bahan bakar, penumpang serta masalah pilot.

"Tetapi kami belum bisa menyampaikan datanya karena sifatnya rahasia," pungkas dia. (tan/jpnn)


KNKT sudah memeriksa sejumlah penumpang yang diangkut oleh Lion Air Bali - Jakarta. Pesawat yang sama dipakai untuk penerbangan Jakarta - Pangkal Pinang.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News