Longboat Terbalik Ternyata Kelebihan Muatan

Longboat Terbalik Ternyata Kelebihan Muatan
Longboat Terbalik/ Foto: Rakyat Kalbar

jpnn.com - KUBU RAYA- Tragedi Longboat Indo Kapuas Express yang mengalami kecelakaan tunggal di Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) bukan hanya disebabkan longboat menghindari potongan kayu. Faktor kelebihan muatan, juga menjadi pemicu tidak seimbangnya kapal hingga akhirnya terbalik.

Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Arianto, telah mendapatkan laporan bahwa longboat tersebut kelebihan muatan. "Kami sudah melakukan penyelidikan, benar ternyata penumpangnya juga over kapasitas," jelasnya. 

Kapasitas maksimal longboat tersebut menurutnya hanya 38 orang. Tapi, saat kejadian, total ada 50 lebih penumpang yang diangkut oleh kapal tersebut. "Fakta di lapangan, jumlah penumpang mencapai 53 orang karena ada penumpang yang tidak tercatat," ungkapnya. 

Dipaparkan Arianto, sesuai dengan catatan penjual tiket atas nama Mimin Sutrisno, 42 tahun, bahwa driver (pengemudi) longboat sengaja menambah jumlah penumpang. 

Dari hasil pengecekan dan konfirmasi Kapolsek Batuampar ke keluarga penumpang di Padang Tikar, lanjut Arianto, terdapat penumpang selamat berjumlah 39 orang. Yang luka-luka mencapai 34 orang. 

"Sedangkan untuk korban yang belum ditemukan sampai saat ini dan berdasarkan laporan dari keluarga yang kehilangan dari 7 menjadi  10 orang," papar dia.  (rakyatkalbar/dkk/jpnn)


KUBU RAYA- Tragedi Longboat Indo Kapuas Express yang mengalami kecelakaan tunggal di Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) bukan hanya disebabkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News